7 Peralatan Membuat Kue untuk Pemula

May 26,2019
Membuat kue memang tak semudah yang dibayangkan. Bahan-bahan dan perlengkapan yang digunakannya pun tak boleh sembarangan. Alih-alih ingin membuat kue yang mengembang sempurna, kue malah jadi bantat dan teksturnya ‘pecah’. Untuk mendukung proses pembuatan kue, ada beberapa peralatan yang mesti kamu miliki. Nah, kalau mau cari inspirasi jenis kue yang akan dibuat, kamu bisa cari inspirasinya sambil liburan. Makanya,sambar tiket mu sekarang juga!
1. Balloon whisk


Alat satu ini tentu tak boleh kamu lewatkan. Dalam hal mengaduk adonan kue, balloon whisk akan memudahkan proses pengadukan serta mempercepat adonan untuk mengembang tanpa bantuan mixer. Selain itu, balloon whisk juga akan membuat adonan tercampur merata dengan sempurna. Khusus untuk membuat meringue, penggunaan balloon whisk lebih disarankan daripada menggunakan mixer apalagi kalau bahan yang digunakan lebih sedikit.

2. Mangkuk alumunium atau mangkuk kaca


Jika di rumah hanya ada mangkuk biasa, maka belilah mangkuk yang berbahan alumunium atau mangkuk kaca. Selain lebih awet, kedua jenis mangkuk ini juga akan memudahkan proses membuat kue. Mangkuk sendiri berfungsi untuk meletakkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat kue. Kamu pun bisa membagi beberapa adonan kue pada mangkuk tersebut. Belilah mangkuk dalam berbagai ukuran, misalnya ada yang berukuran kecil, medium, dan besar.

3. Rolling pin


Kalau kamu berencana membuat kue kering, wajib banget untuk miliki alat satu ini. Dalam pembuatan kue kering, adonan kue yang sudah kalis harus dipipihkan dengan rolling pin sampai ketebalannya sesuai dengan yang kamu inginkan. Ada tiga jenis rolling pin yang bisa kamu beli di pasaran, yakni rolling pin berbahan kayu, stainless steel, dan plastik.

4. Sendok dan gelas ukur


Ingat, salah mengukur bahan-bahan bisa membuat hasil jadi kue gagal. Untuk itu, kamu harus punya sendok dan gelas ukur supaya semua bahan yang kamu gunakan bisa sesuai dengan acuan resep. Sendok ukur digunakan untuk mengukur bahan-bahan yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, seperti garam, vanilla essence, baking soda, dan baking powder, sedangkan gelas ukur berguna untuk mengukur bahan liquid seperti susu, air, dan lain sebagainya.

5. Mixer


Bikin kue tanpa mixer? Rasanya akan sangat susah, ya. Mixer berfungsi untuk membantu mengaduk adonan supaya tercampur merata. Saat ini berbagai varian mixer dijual di pasaran dengan bentuk dan ukuran yang beragam. Sesuaikan mixer yang akan kamu beli dengan kebutuhanmu saat ini. Kalau kamu hanya perlu mixer tangan, belilah hand mixer. Namun kalau kamu mau yang lebih praktis, gunakan saja stand mixer.

6. Loyang kue


Saat ini, ada beragam jenis dan bentuk loyang yang bisa kamu pilih, mulai dari yang berbahan aluminium hingga silikon. Dari berbentuk kotak, persegi panjang hingga beragam bentuk unik. Untuk pemula disarankan membeli loyang yang sesuai dengan ukuran oven yang kamu punya.

7. Timbangan


Nah, yang terakhir, kamu wajib memiliki timbangan. Sama halnya dengan sendok dan gelas ukur, timbangan berguna untuk menimbang bahan-bahan adonan yang bersifat kering dan berjumlah banyak. Disarankan untuk menggunakan timbangan digital sehingga proses penimbangan bahan-bahan kue akan lebih akurat. Biasanya, ada timbangan digital yang mampu menimbang bahan kue secara spesifik, seperti ukuran 0,25 gram atau 0,5 gram.

Jadi, sudahkah kamu miliki semua alat-alat ini?