Tidak Hanya Soal Biaya Hidup, Ini Dia 4 Tantangan Kuliah di Luar Negeri

Dec 22,2020
Tinggal di negara asing untuk belajar dan sendirian memanglah hal yang berat untuk dijalani. Terlebih lagi jika harus dihadapkan dengan masalah biaya untuk bertahan hidup. Biaya hidup memang menjadi tantangan terbesar saat kuliah berada di luar negeri. Sebab, biaya yang kamu keluarkan lebih mahal jika dibandingkan dengan kehidupan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga jauh dari orang tua. Sehingga kamu dituntut untuk bisa mengelola keuangan dengan bijak untuk mengatasi permasalahan ini. Terlebih lagi kamu juga harus memikirkan permasalahan orang tua untuk mengirimkan uang ke luar negeri, yang diharuskan untuk selalu datang ke kantor cabang hanya untuk melakukan transfer valas.

4 Tantangan Kuliah di Luar Negeri

Namun, selain permasalahan biaya, masih ada banyak tantangan lain yang harus kamu atasi. Yaitu masalah penyesuaian terhadap lingkungan baru saat kamu kuliah di negara lain.Untuk mempermudah kamu dalam mengatasi tantangan saat kuliah di luar negeri, berikut ini 4 tantangan yang akan kamu alami saat kuliah di luar negeri.

1. Perbedaan Iklim Saat kamu menginjakkan kaki di Eropa, kamu pasti akan merindukan Indonesia dengan iklimnya yang hangat dan bersahabat. Di beberapa negara Eropa, cuaca bisa berubah 4 kali dalam sehari; dari cerah, berawan, salju, hujan, lalu cerah lagi.

Perubahan cuaca yang sangat ekstrim ini pasti membuat lebih sulit untuk dilakukan di luar rumah. Terkadang menonton salju itu menyenangkan. Tapi jika dalam waktu sebulan turun salju, bisa dibayangkan betapa sulitnya berbelanja di minimarket yang hanya berjarak 5 meter dari apartemen.

Kamu tidak hanya perlu mengenakan pakaian super tebal, tapi juga berhati-hati agar tidak terpeleset di jalan dan selalu lindungi wajah agar terhindar dari bongkahan es dari rasa sakit yang menyiksa.

2. Perbedaan Budaya

Tidak hanya beradaptasi dengan cuaca, tetapi kamu juga harus siap menghadapi perbedaan budaya ketika memutuskan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, apalagi dengan terbatasnya jumlah beasiswa yang mengharuskan kamu tinggal di asrama. Banyak teman pastinya, tapi bayangkan dalam satu ruangan yang tidak terlalu besar,kamu harus berbagi dengan tiga orang lain dari latar belakang dan budaya yang berbeda.

Proses adaptasi tentunya menjadi hal tersulit yang harus kamu hadapi. Bagaimana kamu bisa bertahan dengan teman yang jauh berbeda dengan budaya yang ada di Indonesia? Oleh karena itu, bersiaplah menghadapi segala kemungkinan perbedaan budaya guna menghindari stres.

3. Makanan

Bagi yang target beasiswanya adalah Eropa Timur atau Utara serta Benua Amerika, pasti tidak mudah mencari makanan khas Indonesia. Sudah pasti kangen makanan di rumah tentu merupakan hal-hal sulit yang harus kamu atasi sebagai anak rantau.

Oleh sebab itu, kamu harus mulai membiasakan diri untuk terbiasa dalam merasakan makanan yang minim bumbu. Cara terbaik lainnya jika kamu masih mempunyai waktu luang adalah memasak makanan sendiri.

4. Mandiri dalam Segala Hal

Mandiri dalam segala hal adalah suatu keharusan bagi kamu yang kuliah di luar negeri. Selain mandiri untuk mengelola keuangan, kamu juga harus pandai dalam memutuskan kapan tugas akan selesai, tanpa menunggu apakah teman sekelas sudah mulai mengerjakannya atau belum.

Kamu juga harus mandiri saat belajar, mencari tahu sendiri apa yang tidak kamu pahami, lalu lakukan riset sendiri, dan membacanya sendiri. Tentu ada profesor yang bisa kamu jadikan teman diskusi, tapi yang paling dibutuhkan adalah inisiatif dan usaha sendiri.

Keunggulan Transfer Valas dari digibank by DBS

Bicara soal transfer valas dan segala permasalahan yangs sering dihadapi seperti harus mendatangi kantor cabang saat melakukan transfer. Ada solusi baru yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Sebab ada beberapa keunggulan yang membuat digibank by DBS bisa menjadi solusi terbaik.

1. Akses yang Mudah

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa melakukan transfer valuta asing dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor cabang DBS Indonesia.

2. Gratis Biaya Transfer

Selain mudahnya untuk mengakses, setiap transfer yang kamu lakukan juga akan terbebas dari biaya administrasi. Khususnya untuk 20 negara tujuan yang menggunakan 7 mata uang yaitu USD, SGD, EUR, AUD, HKD, CAD, dan GBP.

3. Fx Rate Terkini

Setiap transfer valuta asing pasti menggunakan nilai tukar. Nilai tukar yang digunakan oleh digibank by DBS selalu menggunakan nilai tukar terbaru dan sangat kompetitif. Sehingga proses transfer akan lebih ringan.

4. Sampai pada Hari yang Sama

Saat kamu kirim uang ke luar negeri sebelum batas waktu harian yang sudah ditentukan oleh bank DBS, maka valuta asing yang dikirim akan sampai pada hari yang sama juga.

Seperti itulah tantangan kuliah di luar negeri yang bisa kamu atasi dengan proses adaptasi yang cepat. Untuk mengatasi masalah biaya untuk kuliah, menggunakan transfer valas dari DBS Indonesia.